Wednesday, March 16, 2011

MASALAH SEPUTAR KAKI-KAKI



  1. jika belok satu sisi bunyi kletek2..kletek2 secara simultan sesuai dgn pergerakan roda,......... ntuh diakibatkan oleh as roda/CV joint ( countinous Velocity Joint ) menunjukan aus/kerusakan....ntuh mesti diganti dgn parts yang sama.......ntuh kanan kiri CV jointnya sama.....kecuali shaftnya berbeda panjang nya....kanan lebih panjang dari pada yang kiri....dan ingat ada karet balance-nya buat sebelah kanan......beli parts ini ( CV joint ) merk GMB @280rb-an atau NTN @380rb....ini rekomen dech.....cara masangnya ati2 dan perhatikan, sekali kita lalai bs kikerjain bengkel....ketika ngegerinda ntuh case ball roller nggak ampe abis....getok sekali pecah dan lepas ( karakter baja )......jika digrinda mengenai gigi2 alusnya jangan arep ntuh KR mulus jalannya.....geter di kecepatan tertentu biarpun udeh dibalance dan spooring......karet boots menentukan masa pakai....jadi klu karet sobek cepet ganti....apalagi.....jika kendaraan sering melewati genangan......lebih rentan,,,,,,,ongkos bongkar pasang ntuh as roda atau CV joint 75rb-an...ajah
  2. jika kendaraan dihidupkan lamsam....atau stationer....liat dikedua ban-nya.....jika ban seolah2 seperti mau jalan maju/mundur atau godeg2.......ntuh as roda dalem yg negplug di transmisi dipastikan aus atau rusak...bahkan mungkin...............PECAH....ati2 nech.....nech parts agak jarang dan relatif mahal ( murah dibandingin KR sejenis...misalnya starlet, atau GENIO.....baru garuk2 kepala ).....ntuh harganya @550rb.....lebih bisa........ongkos pasang sama seperti pont 1 diatas
  3. udeh spooring dan balance masih setir geter...nggak enak dech....( kecuali jangan pake spicer, dan velg baik yak! ), ntuh shaft dr /cv joint atau as roda aus spt ponit 1 diatas ganti harganya yang pendek/kiri 350rb...yang kanan lebih panjang 500rb.
  4. jalan lurus atau belok....dikabin terasa bunyi gludug2...( jika melewati jalan bergelombang/rusak )....ntuh support shock absorber.....jebol...secara visual bisa diliat jika bibir dan bodi support renggang/celangap.....ntuh bs ganti merk SPECIA mulai harga sepasang 80rb ampe 250rb.....ataupun ORI pake label daihatsu....harganya 1,1jt......( semua ntuh nggak rekomen......pasang,,,,,trs dongkrak turunin....pasti celangap lagi....klu pun belon dijamin paling lama 1 minggu dech....).....anne udeh cape nech makanya buat terobosan pake punya carry futura atau 1000...masing2 punya spec sendiri2....klu ada peralatan yang komplit pake futura lebih baik...ttp pake carry 1000 jg baik kok...langsung PnP....beli karet; tutup; dan loncengnya paling mahal kanan kiri 80rb ajah..
  5. ketika jalan agak rusak/jelek bunyi krek2.....sesekali ataupun belok bunyi....jg sesekali ttp ngegangu jg....ntuh inner fender/sepakboard dalem sobek...scr visual bs diliat dikolong dgn muter setirnya atau didongkrak.....dibalik shock sesuai dari atas kebawah ada retakan/sobekan plat....ntuh sebabnya CHASIS SOBEK....krn keleebihan torsi....apalagi yang demen ngebut.....atau drag.....krn memeang nech KR torsinya GEDE BANGETTTT....bawa kebengkel las suruh las...disambung,,,,trs diberi lagi plat strip....dan dilas kembali.....dijamin awet.....biaya ini 100rb ajah.....kerusakan ini selain diakibatkan diatas jg diakibatkan support yang jebol; sok mate......didiemin ajah.....lebih awet lagi pake strut bar....besi yang melintang dari support sok kiri kekanan ...part ini wajib dipake klu mau drag/race....harganya berkisar 500rb ajah....banyak kok diaftermarket yang di adjust-punya.....
  6. ketika kendaraan mati digarasi coba cek mainkan setir putar sedikit ajah kekanan/kekiri dengerin ada bunyi tak/tok....tak/tok..berarti ntuh rack end atau tie rod udeh minta jajan ...jg perhatikan batas prei/spare-nya jika gap terlampau lebar hampir pasti satu/kedua parts tsb bermasalah...beli parts ini ..... rackend "555" @150rb......dan tierod....."555"85rb ajah ongkos pasng 45rb.....spooring dech klu udeh seleai....mulai 80rb ampe 185rb.....( langganan ane di JAYAKARTA BAN dpn RS FATMAWATI )
  7. shock mate bs dicek dgn ditekan ujung fender ( dekat lampu beam )....perhatikan naeknya bila ditekan naiknya sekelita dan berulang hampir pasti shock mate!!!!....ganti mulai merk KAYABA/tokico/belstain=900rb; monroe 700rb; atau HRC 375rb atau; LKS 290rb...sepasang.......ongkos ganti sma spt point 1 diatas...
  8. liat keausan ban, jika ban makannya nggak rata ( kyk mangga dikupas/ tengahnya doang ) atau makan luar....hampir pasti ntuh ball joint ruksak.....ganti parts ini jika ORI dilengan ayunnya ada lambang "D"....harganya @500rb......kanan dan kiri sama.....
  9. jika berlana roda berbunyi dengung......coba dongkrak....putar roda arah berlawanan jalan/mundur.....pelan sambil kedia sisi dipegang....ada rasa nggak smooth...ketahan2 gitu....hampir pasti bearing as roda rusak......atau aus....ganti ajah ntuh bongkar....bawa ntuh bearing, liat disisi luar/dalem ada nomer nach nomer ntuh menunjukan spek laher dimaksud harga parts ini 85rb-an ajah,.........
  10. sama seperti point 6 diatas ttp suara berasal dari bawah setir....ntuh bushing bearing shaft rusak, minta ganti.......ganti plastik bushing ini harganya 15rban...ttp mahal ongkos bongkarnya...


By : I Wayan Wardhana